FAHUTAN EXPO 2024, Loka Karya Potensi dan Inovasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK)

Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan mengadakan Acara Expo Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Acara ini telah berlangsung pada hari Kamis, 18 Januari 2024 di Lapangan Parkir Depan Fahutan UNIKU. Fahutan Expo 2024 ini bertujuan untuk menggali Potensi Dan Inovasi Hasil Hutan Bukan Kayu Dengan Lokakarya Praktis Yang Ramah Lingkungan Melalui Dukungan Bisnis Digitalisasi.

Produk-produk yang pada loka karya tersebut diantaranya adalah produk lilin dari minyak bekas pakai, gantungan kunci dari resin dan biji pinus, tanaman hias, sabun alami, lipbalm, sponds pembersih alami, pot ramah lingkungan, dan tas dari ecoprint. Tidak hanya produk berupa barang saja, tapi ada pula produk makanan dan minuman diantaranya infus water belimbing sayur, Es Jelly Kelor, Es krim, puding, Es pala, dan masih banyak lagi. Kelompok mahasiswa yang membuat produk terbaik diberi tanda “Jempol” oleh para pembeli produk.

Fahutan Expo 2024 berlangsung sangat meriah, acara ini dipandu oleh MC yang sangat menghibur dan interaktif yaitu Nindie Grande dan Igo. Fahutan Expo tidak hanya menampilakn hasil karya mahasiswa mahasiswi terkait produk HHBK saja. Akan tetapi diisi juga oleh acara lomba antar mahasiswa diantaranya lomba tarik tambang, cukurukuk,dan suap make up.  Guest Star dalam acara ini adalah adanya penampilan dari The Roots Radio Band yang berlangsung meriah sampai malam hari.

Expo hasil hutan bukan kayu bisa diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang potensi sumber daya alam alternatif, seperti tumbuhan obat, bahan bio energi, dan produk non-kayu lainnya. Selain itu, dapat mendorong kesadaran terhadap keberlanjutan dan perlindungan lingkungan.