Aksi Nyata Kepeduliaan Mahasiswa terhadap Lingkungan melalui Gerakan Penanaman Pohon

Reboisasi merupakan langkah penting untuk mengendalikan iklim kita di masa depan. Sederhananya, reboisasi adalah proses penanaman pohon pada areal yang pernah ditebang atau menyisihkan lahan untuk regenerasi alami. Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Univeristas Kuningan melakukan aksi nyata kepedulian lingkungan, salah satunya dengan kegiatan penanaman 876 bibit pohon yang diselenggarakan oleh Green Leadership Indonesia dan Yayasan Wangsakerta.

Kegiatan penanaman ini dilakukan pada hari Minggu, 14 Januari 2024 di Bukit Danau Setu Patok Desa, Cirebon. Kegiatan ini dihadiri olah perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cirebon, Perkumpulan Pencinta Alam Wilayah Cirebon Kuningan Majalengka, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan, dan kelompok perempuan dari masyarakat binaan desa Setupatok.

Jenis pohon yang ditanam pada kegiatan penanaman tersebut adalah sengon (Paraserianthes falcataria L.). Sengon termasuk famili Leguminoceae. Tanaman ini sangat potensial untuk dipilih sebagai salah satu kayu cepat tumbuh (fast growing species) serta pengelolaan yang relatif mudah, sedangkan secara ekologis Sengon dapat meningkatkan kualitas lingkungan seperti meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki tata air.

Para peserta sangat antusias dalam kegiatan penanaman ini karena memiliki kepekaan yang tinggi terhadap isu-isu lingkungan dan upaya pengendaliannya. Harapannya aksi penanaman ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa maupun aktivis lingkungan saja, akan tetapi semangat dalam menjaga bumi kita ini dapat tertular kepada seluruh elemen masyarakat.